Sabtu, 18 Juli 2009

BAB I

BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Kegiatan Praktik Kerja Industri (prakerin) merupakan salah satu program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang diberlakukan bagi semua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) baik negeri maupun swasta. 
Program pendidikan bersama ini dikembangkan dan disusun mengacu pada ketentuan UUSPN nomor 2 tahun 1989 dan PP nomor 29 tahun 1990 yaitu disamping untuk mencapi tujuan pendidikan nasional pada umumnya, juga lebih mengutamakan penyiapan tamatan agar siap dilapangan kerja dan mengembangkan sikap professional. Sehingga kegitan Prakerin adalah sebuah langkah strategis sekolah dalam menyesuaikan kegiatan akademisnya dalam upaya menjawab tuntutan pasar global dan dunia kerja selaras kemajuan iptek yang dinamis, yang menuntut agar siswa yang menjadi lulusan sekolah yang bersangkutan mampu mengaplikasikan ilmu yang dimilikinya ke dunia kerja yang sesungguhnya.Hal ini mengingat teori yang dikaji dibangku sekolah begitu terbatas oleh sebab sarana dan waktu yang sedikit dengan tuntutan kurikulum belajar yang tinggi, disamping itu kegitan ini diperlukan karena adanya perbedaan antara teori dengan dunia kerja .
B. Tujuan pelaksanan Prakerin
a. Tujuan Umum
1. Meningkatkan keterampilan dan kemampuan siswa sebagai bekal untuk memasuki dunia usaha yang sesuai dengan studi yang telah dipilihnya.
2. Menghasilkan lulusan – lulusan yang memiliki keahlian profesional yaitu pengetahuan. keterampilan, dan etos kerja yang sama dengan tuntunan lapangan pekerjaaan yang semakin kompetitif.
3. Untuk memberikan sebuah ujian dan pemantapan terhadap kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki peserta didik .
4. Agar peserta Prakerin memiliki pengetahuan yang mantap, teruji menjadikan para peserta menjadi graduate yang profesional.

b. Tujuan khusus Prakerin
1. Agar mendapatkan ilmu tambah , dibidang ilmu komputer dan jaringan .
2. Dapat melihat langsung penanganan masalah dilapangan,
3. Dapat mengaplikasikan secara langsung sebagian ilmu yang telah didapat di sekolah sebelumnya.
4. Dapat menjadi pembelajaran dikemudian hari, baik untuk masyarakat umum.
C. Target dan sasaran kegiatan Prakerin yang harus dicapai
Adapun target yang akan dicapai dalam kegiatan prakerin tahun ini adalah terpenuhinya semua tuntutan kompetensi yang tertuang dalam materi dan kegiatan keahlian prakerin yang telah ditetapkan oleh pihak jurusan TKJ berdasarkan kurikulum yang ada, akan tetapi siswa juga diharapkan memperoleh pengetahuan tambahan yang ada didunia usaha atau diluar jangkauaan pembelajaran, dan berkaitan dengan kompetensi jurusan yang dimiliki siswa(i), sebagai bagian pembelajaran menuju suksesi kurikulum implementif.
Sedangkan sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh siswa(i) SMK Negeri 1 Takisung khususnya jurusan TKJ dengan semua institusi pasangan yang bergerak dibidang teknik komputer dan jaringan diwilayah kabupaten tanah laut khusunya , dan wilayah Kalimantan selatan yang peduli dan mau bekerjasama dalam proses pelaksanaan Prakerin tahun ini.
D. Waktu dan Tempat kegiatan
1. Waktu Pelaksanaan
Kegitan Praktik Kerja Industri (prakerin) rentang waktunya 4 bulan yang secara umum dimulai sejak tanggal 05 pebruari s.d 05 juni 2009 .

2. Tempat Pelaksanan 
Kegiatan prakerin bertempat di PT.Telkom catel pelahari yang beralamat di jl. A Sayrani, Kode Pos 70811, Telp (0512) 21202


E. Rumusan Permasalahan Laporan
1. Muncul pesan error 691 pada saat melakukan browsing
2. Pesan Error 769 pada saat ingin browsing
3. Koneksi speedy putus – putus
4. Koneksi speedy lambat
5. Jaringan teleponnya kemerosok / bunyi suara berisik
6. Kabel telepon putus
7. Semua koneksi terputus, atau tidak berfungsi, baik flexi, speedy , maupun telepon rumah
F. Metode Penulisan Laporan 
Metode penulisan yang digunakan dalam rangka memperoleh bahan untuk pembuatan laporan ada enam yaitu :
a. Metode Praktikum
Yaitu dengan cara mempraktekkan secara langsung pekerjaan yang di dapat selama melaksanakan praktikum.
b. Metode Observasi
Yaitu melaksanakan pengamatan dengan pencatatan data secara langsung terhadap objek yang diamati.
c. Metode Wawancara
Yaitu melakukan tanya jawab kepada pihak yang dipercaya tentang masalah yang diamati untuk mendapatkan data.
d. Metode Literatur
Yaitu cara pengumpulan data yang diperoleh dengan memanfaatkan sarana yang ada baik didalam maupun di luar sekolah.
e. Metode Kepustakaan 
yaitu pengumpulan data – data yang diperlukan dari buku-buku lainnya yang sifatnya mendukung.
f. Metode Induksi
Yaitu mengambil kesimpulan dari data-data yang diperoleh dan telah dikumpulkan selama melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda.Data ini dikumpulkan baik praktek dilapangan maupun secara teori yang didapat dari pembimbing lapangan secara langsung.



E. Sistematika Penulisan Laporan
Untuk mempermudah dalam menulis laporan ini maka saya menggunakan sistematika laporan, yaitu sebgai berikut :
Bab I Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Tujuan Pelaksanan Prakerin
C. Target / sasaran kegiatan prakerin yang jarus dicapai 
D. Waktu dan tempat kegiatan 
E. Rumusan Permasalhan laporan
F. Metode penulisan laporan
a. Metode Praktikum
b. Metode Observasi
c. Metode Wawancara
d. Metode Literartur
e. Metode Kepustakaan
f. Metode induksi
G. Sistematika Penulisan Laporan
Bab II TEORI
A. Teori Jaringan akses
B. Setting Berbagai Modem ADSL
C. Penanganan Troubleshooting pada Speedy
Bab III Isi Laporan
A. Sejarah PT. Telkom
B. Lokasi Perusahan Prakerin
C. IPC 
D. Billing
E. SISKA (Sistem Informasi Kastemer )
F. MDF
G. Pengimputan Data Pasang Baru Speedy
H. Mutasi atau pencabutan
I. Modifikasi Fiture
J. Reset Pasword
K. Pembukaan Bindingan
L. Pembuatan daftar tagihan kantor 

Bab IV Penutup
A. Kesimpulan
B. Saran- saran 

Daftar Pustaka
Lampiran- lampiran

















BAB II
TEORI
A. Teori Jaringan Akses 
1. Jaringan Lokal Akses Tembaga 
Jaringan local Akses Tembaga adalah jaringan yang menghubungkan antara sentral sampai dengan kabel tembaga atau phisik.
2. Struktur Jaringan Kabel Lokal
a. Jaringan Catu Langsung
1. Pengertian
Jaringan kabel local yang menghubungkan sentral telepon dengan pesawat pelanggan, di mana pesawat pelanggan dicatu dari kotak pembagi (KP) terdekat yang langsung dihubungkan ke Rangka Pembagi Utama (RPU) Tanpa melalui Rumah Kabel (RK).
2. Pemakaian 
a. Untuk mencatu daerah sekitar sentral dengan radius kurang dari 500 meter
b. Untuk komplek yang tidak memungkinkan dipasang Rumah kabel (RK).
c. Untuk pelanggan – pelanggan yang tergilong VIP dan memerlukan keamanan yang tinggi.
3. Keuntungan Jaringan Catu Langsung
a. Biaya rendah karna tidak memerlukan RK
b. Administrasi kabel lebih sederhana
c. Titik rawan gangguan lebih sedikit
4. Kerugian Jaringan Catu Langsung
a. Tidak fleksibel karena tidak titik jumper 
b. Sulit melokalisir gangguan
c. Perhitungan demond telepon harus lebih akuarat

b. Jaringan Catu Tidak Langsung
1. Pengertian
Jaringan kabel local yang menghubungkan antara sentral telepon dengan pesawat pelanggan di catu dari kotak pembagi (KP) terdekat yang dihubungkan dengan Rangka Pembagi Utama (RPU) yang terlebih dahulu dihubungkan melalui rumah kabel (RK). RK berfungsi sebagai titik sambung antara kabel primer dan kabel sekunder yang flexibel.

2. Pemakaian 
1. Untuk mencatu daerah yang jarak pelanggannnya dari sentral lebih dari 500 meter.
2. Untuk mencatu daerah yang pelangganya tersebar dari sentral.
3. Keuntungan jaringan Catu Tidak Langsung
1. Flexibel, urat kabel sekunder bebas disambungkan dengan urat kabel primer
2. Mudah melokalisir gangguan
3. Dapat mencatu pelanggan yang letaknya menyebar dan jauh dari sentral telepon

4. Kerugian Jaringan Catu Tidak langsung
1. Biaya besar karena harus menggunakan RK
2. Sumber gangguan lebih banyak (terminasi di RPU, RK, DP dan titik sambung kabel sepanjang rute).
3. Kadang – kadang sukar mencari lokasi penampatan RK yang betul – betul aman.

c. Jaringan Catu Kombinasi 
Jaringan catu kombinasi adalah jaringan kabel local dimana catuwan pesawat pelanggan dilakukan melalui 2 (dua) cara yakni sebagian dengan catuan tidak langsung.
Jaringan catu kombinasi ini digunakan hamper pada semua kota sedang dan besar , karena letak sentral telepon biasanya dipusat lota (pusatan kepadatan peneduduk) sedang lokasi pelanggan banyak yang jauh dan dekat dari sentral telepon tersebut.

3. Bagian – bagian dann fungsi dari Struktur Jarlokat
 Sentral 
Sentral merupakan pusat kegiatan data seperti PSB, Omzeting isolasi dan lain-lain.
 kabel sentral
Kabel sentral merupakan kabel penghubung antara sentral dengan MDF.
 MDF
 SISKA

4 Jaringan Akses Radio ( Jarlokar )
1. Dasar – dasar jarlokar 
a. Pengertian
Jaringan akses radio (jarlokar) adalah jaringan yang menghubungkan antara rerminal pelanggan dengan sentral local melalui media radio.
b. Keunggulan dan kelemahan jarlokar 
1. Keunggulan jarlokar antara lain :
a. Pengembangan jaringan untuk memenuhi peningkatan demand relatif lebih mudah dan cepat.
b. Memungkinkan untuk melayani pelanggan yang sulit di jangkau kabel
c. Flexibel terhadap perubahan lokasi calon pelanggan 
d. Pembangunan jaringan lebih cepat


2. Kelemahan Jarlokar antara lain :
a. Harus disediakan catuan khusus untuk pesawat terminal pelanggan.
b. Terputusnya hubungan yang sedang berlangsung akibat prpogasi yang tidak sempurna.
c. Kemungkinan terjadinya blocking karena penggunaan mulktiple access

Penanganan Troubleshooting Speedy
1. Pesan error 691
Pesan error 691 bisanya disebabkan , oleh Accsess danied pada username dan password speedy tidak benar atau salah, tetapi juga bias disebabkan rekening telepon belum dibayar, atau telpon dalam keadaan terisolir, sehingga speedy tidak bias terkoneksi
Cara mengatasinya pastikan telepon dalam keadaan tidak terisolir atau lunasi tagihan telepon anda, atau pastikan username dan password sudah benar sebagi contoh modem adsl aztech dengan cara :
1. buka web brosur
2. Masuk ke modem dengan cara, ketikkan IP modem pada web browser 192.168.1.1, usernamenya “ admin “ dan Paswordnya “ admin “.
3. kemudian lihat apakah usernamenya / nomerspeedynya sudah benar.
4. atau kita bias mengonekkannya dengan cara pilih menu “Quick Time” masukkan username/nomer speedy dan password speedy, misalnya:
Username :162213200009@telkom.net
Pasworrd : 123456
Kemudian klik connect.

2. Pesan Error 769
Pesan eror 769 biasanya disebabkan oleh local Area connection terdisable , untuk itu kita perlu mengaktifkannya local Area Connection (LAN) dengan cara :
1. Klik Start > Control Panel > Network Connection
2. Klik kanan pada gambar LAN kemudian pilih ”Enable”.
3. Koneksi Speedy Putus – Putus
Koneksi speedy putus – putus biasanya disebabkan oleh kualitas jaringan telepon menurun, suara telepon yang tidak jernih, modem tidak menggunakan stavolt.
Untuk itu kita harus mengecek pengkabelan telepon dari tiang teleon sampai rumah pelanggan , modem ADSL sangat rentaan terhadap listrik , listrik yang tidak stabil biasanya membuat koneksi putus – putus, untuk itu stavolt sangan membantu untuk menstabilkan tegangan listrik.selainitu kabel telepon yang bersambung – sambungjuga bias membuat koneksi menjadi putus – putus coba ganti kabel dengan yang baru.
4. Koneksi Speedy Lambat 
Koneksi speedy lambat biasanya disebabkan oleh:
1. Banayak PC yang disering
2. Aktifitas client – client yang sedang upload atau download.
3. kondisi PC yang memang lambat
agar koneksi berjalan stabil, gunakan software atau aplikasi Bandwith manjemen misalnya: Software Antamedia Bandwith Manager. Dengan aplikasi ini kita bisa mengatur semua kegiatan client , baik uploude dan download. Kali ini kita akan membahas tentang Antamedia Bandwith Manager :
Untuk dapat menggunakan software ini, pastikan PC anda telah terkoneksi Internet dan anda telah men-share koneksi Internet anda
Setelah koneksi Internet di Share,bukalah program Antamedia Bandwith Manager. Berikut adalah langkah-langkah dalam mengatur kuota dan bandwith :
1. Pada layar login, pakailah user name Administrator dan kosongkanlah password untuk dapat login (Password nantinya dapat disetting).

2. Setelah Login, Pilihlah Menu Accounts untuk dapat membuat account user yang akan diatur bandwith dan kuotanya.
3. Isilah data IP komputer user,sebagai contoh IP komputer user adalah 192.168.0.7
4. MAC dapat dikosongkan, karena nantinya akan otomatis terisi saat komputer user terkoneksi
5. Kecepatan download dan Upload dapat diatur dengan menggeser panah ataupun mengisi secara manual angkanya.
6. Quota adalah jatah penggunaan internet yang anda berikan pada user, aturlah besarnya dengan menggeser panah ataupun mengisi secara manual angkanya. Atau anda dapat mencentang Enable unlimited quota sehingga tidak ada batasan kuota bagi user.
7. Time adalah batasan lama waktu penggunaan Internet, aturlah besarnya dengan menggeser panah ataupun mengisi secara manual angkanya. Atau anda dapat mencentang Enable unlimited access time sehingga tidak ada batasan lama waktu akses bagi user.
8. Anda juga dapat mengatur waktu akses user dengan mencentang Only Allow Access dan mengatur sendiri waktu akses user tersebut.
9. Bila telah selesai, maka klik “CREATE ACCOUNT”

10. Pilihlah Menu Setup, Pilihlah “Local Area Network” sebagai Network Interfacenya
11. Isi IP address dengan alamat IP komputer anda ( contoh 192.168.0.1 )
12. Atur waktu Inactivity logout dengan menggeser panah ataupun mengisi secara manual angkanya.
13. Klik START untuk memulai Programnya.
14. Anda dapat mengecek Status user pada Menu Connection
15. Bila ingin mengubah besarnya Kuota ataupun Bandwith dari user yang telah ada, maka masuk ke menu Accounts, klik user yang ingin diubah ( pada sebelah kanan atas )
16. Ubahlah datanya dan save dengan mengklik “CREATE ACCOUNT”
17. Untuk menghapus user, klik user yang ingin diubah, dan klik “DELETE ACCOUNTS”.
18. Untuk menghentikan Program, pilih menu Setup dan klik “STOP
Selain itu koneksi speedy yang lambat juga bisa disebabkan oleh (virus dan Trojan)yang menghabiskan banyak bandwith :
a. Virus 
Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu misalnya VGA, Memory bahkan Procesor (terutama pada sistem operasi , seperti sistem operasi berbasis keluarga Windows (Windows 95, Windows 98/98SE, Windows NT, Windows NT Server, Windows 2000, Windows 2000 Server, Windows 2003, Windows 2003 Server, Windows XP Home Edition, Windows XP Professional, Windows XP Service Pack 1, Windows XP Service Pack 2, Windows Vista Service Pack 1 ) bahkan GNU/Linux. Efek negatif virus komputer terutama adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti CPU Real Time, penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% Virus adalah virus komputer berbasis system operasi windows,
b. Trojan
Trojan adalah sebuah software yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. 
Trojan berbeda dengan jenis lainnya seperti virus komputer atau worm karena dua hal berikut:
Trojan bersifat "stealth" (siluman dan tidak terlihat) dalam operasinya dan seringkali berbentuk seolah-olah program tersebut merupakan program baik-baik, sementara virus komputer atau worm bertindak lebih agresif dengan merusak sistem atau membuat sistem menjadi crash.
Trojan tidak mereplikasi dirinya sendiri, sementara virus komputer dan worm melakukannya.

Penggunaan virus trojan dimaksudkan untuk menyusupkan kode-kode mencurigakan dan merusak di dalam sebuah program .Kebanyakan Trojan saat ini berupa sebuah berkas yang dapat dieksekusi (*.EXE atau *.COM dalam sistem operasi Windows dan DOS atau program dengan nama yang sering dieksekusi dalam sistem operasi UNIX, seperti ls, cat, dan lain-lain) yang dimasukkan ke dalam sistem yang ditembus oleh seorang hacker untuk mencuri data yang penting bagi pengguna (password, data kartu kredit, dan lain-lain). Trojan juga dapat menginfeksi sistem ketika pengguna mengunduh aplikasi (seringnya berupa game komputer) dari sumber yang tidak dapat dipercayai dalam jaringan Internet. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat memiliki kode Trojan yang diintegrasikan di dalam dirinya dan mengizinkan seorang cracker untuk dapat mengacak-acak sistem yang bersangkutan.

Beberapa jenis Trojan yang beredar antara lain adalah:
 Pencuri password: Jenis Trojan ini dapat mencari password yang disimpan di dalam sistem operasi (/etc/passwd atau /etc/shadow dalam keluarga sistem operasi UNIX atau berkas Security Account Manager (SAM) dalam keluarga sistem operasi Windows NT) dan akan mengirimkannya kepada si penyerang yang asli. Selain itu, jenis Trojan ini juga dapat menipu pengguna dengan membuat tampilan seolah-olah dirinya adalah layar login (/sbin/login dalam sistem operasi UNIX atau Winlogon.exe dalam sistem operasi Windows NT) serta menunggu pengguna untuk memasukkan passwordnya dan mengirimkannya kepada penyerang. Contoh dari jenis ini adalah Passfilt Trojan yang bertindak seolah-olah dirinya adalah berkas Passfilt.dll yang aslinya digunakan untuk menambah keamanan password dalam sistem operasi Windows NT, tapi disalahgunakan menjadi sebuah program pencuri password.
 Pencatat penekanan tombol (keystroke logger/keylogger): Jenis Trojan ini akan memantau semua yang diketikkan oleh pengguna dan akan mengirimkannya kepada penyerang. Jenis ini berbeda dengan spyware, meski dua hal tersebut melakukan hal yang serupa (memata-matai pengguna).




Tidak ada komentar: