Sabtu, 18 Juli 2009

BAB IV PENUTUP

                                                       BAB IV
                                                     PENUTUP

A. Kesimpulan
a. PT. Telkom selalu berusaha untuk menyediakan dan meningkatkan berbagi jenis layanan jasa telekomunikasi yang tiada lain bertujuan untuk memenuhi kepuasan pelanggan dengan system pelayanan yang praktis, mudah dan cepat.
b. Teori yang diberikan di sekolah ternyata belum tentu bisa diterapkan dilapangan, karena teori harus disesuaikan dengan kondisi di lapangan itu sendiri.
c. Dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai serta di ikuti kedisiplinan akan sangat membantu dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.
d. Dengan dilaksanakannya program Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini, siswa dan siswi dapat memperoleh gambaran dan pengalaman tentang dunia kerja nyata serta menambah wawasan untuk lebih terampil dan kompetitif dalam bekerja.
e. Dalam dunia kerja dituntut untuk rajin, disiplin, kreatif, dan inovatif, ramah dan mempunyai etos kerja yang tinggi, agar kita mampu bersaing dengan berbagai dunia kerja industri
f. Tidak semua ilmu yang kami pelajari dibangku sekolah dapat teraplikasi kedalam duni kerja yang sebenarnya.
g. Untuk menghadapi berbgai macam komplain pelanggan kita harus tetap bersikap sabar dan ramah karma pelanggan asdalah raja.
h. Banyak pelajaran yang tidak kami dapat disekolah, kami dapatkan selam kami prakerin,
i. Kami dapat meraskan dunia kerja yang sebenarnya baik didalam ruangan atau pun langsung turun kelapangan.










B. Saran – Saran 
1. Kepada PT.TELKOM
a. Berusahalah untuk mencapai dan meningkatkan kualitas pelayanan demi mencapai kepuasan pelanggan 
b. Memberi kepercayaan kepada siswa untuk membantu pekerjaan dan memberi kritik atau petunjuk bagi siswa dan siswi prakerin.
c. Bagi petugas dibagian lapangan PT, TELKOM hendaknya lebih meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab atas pekerjaan.
d. Bagi petugas dibagian pelayanan , pelanaggan sebaiknya menjalankan tugasnya sesuai dengan komitmen PT. TELKOM (commited 2 U) sehingga komplain pelanggan berkurang.
e. Untuk memperlancar proses penyelesaiaan pekerjaan maka perlu peningkatan fasilitas kerja (khususnya komputer)
f. Para siswa prakerin diberikan tugas sesuai dengan program keahlian yang dimilikinya, biar pun berbeda tapi masih ada kaitanya dengan jurusan.
g. Para pembimbing lapangan , mau membagikan sebagian ilmunya kepada para siswa prakerin

2. Kepada siswa dan sekolah
a. Membekali diri dengan keterampilan yang cukup, seperti yang telah diajarkan sekolah 
b. Meningkatkan kedisiplinan dan menjaga sopan santun didalam lingkungan kantor pelaksanaan prakerin
c. Selama Prakerin siswa dan siswi hendaknya melaksanakan pekerjaan dengan ikhlas, disiplin dan giat untuk mencapi hasil yang optimal.
d. Selam prakerin hendaknya menggunakan waktu dengan sebaik – baiknya untuk mendapatkan ilmu dan keterampilan sebanyak – banyaknya
e. Dapat menciptakan komunikasi dan suasana kerja yang baik dengan pembimbing 
f. Selama melaksanakan Prakerin siswa dan siswi tetap menjaga nama baik sekolah.
g. Baiknya sekolah menganalisa lagi tempat – tempat Prakerin yang sesuai dengan program keahlian jurusan.

Tidak ada komentar: